Kamis, 20 Juni 2013

lanjutan dan koreksi dari naskah sebelumnya

 Hai memori,
Namaku Imsa aku biasa dipanggil iim, Soimun, Kalikesing, dan Tom Cruise,
 ini adalah buku yang berisi ceritaku dalam menghadapi semua kegalauan yang melanda, badai yang menghadang dan sempak yang melayang, dalam menempuh jalan mengejar cita-citaku untuk menjadi pengusaha sukses dan terkenal.
      “Pengusaha sukses dan terkenal.”
 ya... itu adalah ambisi dan cita-citaku, menjadi suami fatin shidqia lubis atau nggak gitu sama diah ayu puspitarini anaknya guru biologiku pas SMA dulu (alah ngarep bangetdotkom) maksudku, aku ingin menjadi pengusaha sukses yang  terkenal seantero galaksi andromeda dan dunia persilatan,itulah cita-citaku, namun perjalanan untuk menjadi pengusaha, ternyata banyak rintanganya mem.
      Sempat aku “terjatuh dan tak bisa bangkit lagi, aku tenggelam dalam lautan celana dalam, aku tersesat dan tau arah jalan pulang(baca: galau,) “
    Waktu itu hidupku terasa berantakan, semua jadi berantakan, aku jadi selalu bangun kesiangan, dan di kelaspun aku nggak bisa konsen pelajaran, boker juga agak seret, udah ngeden sepenuh hati tapi keluarnya kek biji kuaci, kamar kosku pun juga tambah berantakan, meskipun aku sudah berulang kali nggak ngebersihin -_-“

     Dalam perjalanan mencari cercah harapan menjadi pengusaha sukses dan terkenal, atau ku singkat peseknal, aku sering nemuin hal-hal absurd yang nggak pernah aku bayangin akan aku temui di perjalanan hidupku, mulai dari dapet dana usaha di jakarta, nemu banyak temen di jakarta, sampai nahan boker di busway yang kejebak macet lama banget, yang waktu itu ku terawang kemacetannya mencapai kategori “pamer paha”/=padat merayap tanpa harapan , padahal saat itu  aku lagi kebelet-kebeletnya pengen boker,kalo saja aku adalah mahluk ajaib dari negri wonderland aku pasti boker di dalem busway itu, tapi karena aku manusia yang meskipun aku nggak normal di kalangan manusia lain,gini gini aku masih normal mem, akhirnya ku tahan ke inginan ku untuk melakukan tugas suci(baca:boker,) di dalam baswey transjakarta,
     Ide menulis buku ini ku dapet pas ku nonton tipi sambil ngupil, waktu itu yang kutonton kalo nggak bener, jas alpin lha bintang tamunya pak habibie,
Waktu itu pak habibie mengutarakan saat dia di tinggal meninggal istrinya, dia di beri 3 pilihan oleh dokter yang merawatnya,
 “Para Dokter dari Jerman dan Indonesia berkumpul lalu saya diberinya 3 pilihan;

1. Pertama, saya harus dirawat, diberi obat khusus sampai saya dapat mandiri meneruskan hidup. Artinya saya ini gila dan harus dirawat di Rumah Sakit Jiwa!2. Opsi kedua, para dokter akan mengunjungi saya di rumah, saya harus berkonsultasi terus-menerus dengan mereka dan saya harus mengkonsumsi obat khusus. Sama saja, artinya saya sudah gila dan harus diawasi terus……………3. Opsi ketiga, saya disuruh mereka untuk menuliskan apa saja mengenai Ainun, anggaplah saya bercerita dengan Ainun seolah ibu masih hidup.”

    Saat galau-galaunya perasaanku karena salah satu usaha ku mengejar ambisi peseknal ku gagal dan bangkrut , pas sebelum aku tidur aku teringat opsi ke 3 dari dokter yang merawat pak habibie, dan dari situlah aku memutuskan untuk membukukan kisahku dengan harapan hal ini akan menghapus jejak kesedihanku dan mengukir kebahagiaan di jalur ambisi besi yang akan ku jalani setelah ini,  namun pas menulis sepak terjangku di dunia usaha, banyak kenangan masalalu yang mencuat ke permukaan, sehingga jadilah buku ini yang berisi sempak terbang eh maksudku sepak terjang ku di dunia usaha ples kisah absurd masa lalu lainnya, mulai dari cinta pertama, di tolak cewek, di putus cewek, di abaikan cewek, pengalaman di jakarta, sampai aku yang sekarang ini


    “ aku harus sukses, seukses dunia akherat adalah ambisi dan cita-cintaku, aku tidak akan menyesal bila harus gugur, di perjalanan menuju ambisi dan cita-cintaku,”

                                                                                                                        -Imsa-
















First lope... 
           Galau..................


 entah siapa yang memulai dan darimana kata itu mulai meng-invasi, tiba-tiba, galau tuh jadi  famous banget, semua orang pasti pernah galau, mulai dari bocah sampek yang udah bau tanah, dari yang cantik sampek yang mukanya kek burung gelatik, dari presiden sampek tukang sarden, dari sabang sampek merauke, bahkan mungkin sampek seantero galaksi andromeda dan bimasakti
        Awal masuk SMA ada gadis yang aku suka, namaewa indah , aku suka indah, dia baik,solehah, putih, banyak deh yang aku suka darinya, namun bukan hanya aku yang suka dia, ada banyak, dan sainganku kakak kelas semua lagi, yaaa wajar sih karena indah statusnya juga kakak kelasku, hehehehehe , haha tapi bodo’ amat ah dengan status tingkatan jenjang kelas, namaewa juga cinta mem,  sangat banyak hal bodoh yang kulakukan saat ku mencoba ngedeketin si indah ini, mulai dari nyanyi buat dia di pensi, mbawain oleh oleh dari malang(baca: bross kecil 3rb-an),,,, yaa meski aku sering di ketawain teman-temannya sih, tapi dengan begitu aku bisa lho lebih dekat dengan dia daripada sainganku yang lain,
 meski ada sih satu, namaewa abdul, dia anak sebelas ips dan indah sebelas ipa waktu itu, aku gak suka sama si abdul,waktu itu dia saingan terberatku, dia sering mendapat perhatian dari indah,,memang apa sih kelebihan si abdul ni?? Paling dia lebih ganteng, lebih pinter ngomong, lebih dewasa,lebih bisa ngelucu, lebih pinter main gitar... banyak ya? Ternyata..... heheh.. -_-
Gara-gara si abdul,cinta pertamaku seperti perang dingin amerika dan korea utara, meski kami tidak mempunyai dendam pribadi, namun kami sudah kayak panglima perang yang siap kapan saja menerjunkan pasukannya untuk berperang, haha padahal cuman gara-gara 1 cewek, ada waktu dimana aku unggul dalam persaingan, waktu itu lebaran, dengan honda impressa ku yang super kawaii.. aku goncengan tiga dengan temenku agung dan muklis, entah kenapa masuk sma ini temenku gak ada yang normal, si agung kulitnya itemmm banget kayak kecap lha si muklis kebalikannya, putihhh banget kayak tahu mentah , memang ku sengaja sih bawa mereka..
Karena satu tips untuk terlihat sangat ganteng pas silaturahmi lebaran ke rumah gebetan, kita harus membawa orang yang lebih jelek dari kita, dan mereka adalah solusinya,jiahaha,,,,si agung udah kayak kecap bango nah si muklis udah kayak tahu kukus setengah mateng, cocok deh aku ngebawa tahu bacem kerumah indah, selang 30 menit perjalanan , sampailah aku di rumah indah, meski aku agak malu sih, silaturahmi bawa muatan tahu bacem,huahaha,
Dengan jantung yang berdetak kencang,keringat dingin yang bercucuran dan punggung yang panuan, aku ketok rumah indah,maklumlah... ini pertama kalinya aku kerumah cewek dengan rangka untuk melakukan pendekatan alias PDKT.
 “ Assallamuallaikum..” ..”waallaikum sallam” dari dalam rumah terdengar suara merdu mandayu yang menyaut, aih pintu dibuka, senyum cerah indah langsung menyambut hangat kedatangan kami, untuk sesaat aku terdiam, tertegun kecantikan indah waktu itu.
semua kriteria cewek ideal menurutku waktu itu ada di indah, fix,! itu yang membuatku jatuh cinta, indah selalu memakai kerudung, menurut aku, cewek yang memakai kerudung itu kecantikannya nambah 70x lipat, dia punya mata yang cantik, mata yang expresif, dia punya senyuum yang maniiissss banget, senyum yang bikin hati aku semriwing,,,,,
“eh bengong aja, ayo masuk..!” si indah memecah ketertegunanku, di dalam kami ngobrol asik banget, sampai akhirnya adzan dzuhur berkumandang, hmmm memang asik sih ngobrol dengan gebetan, tapi apa asiknya dunia ini jika harus melalaikan ibadah, akhirnya kami pun pamit pulang, hmm perjalanan pulang dari rumah indah seperti melayang mem, entah cuman aku atau seluruh dunia kalau lagi kasmaran agak gila ya??? Sambil nyetir ni bibir nggak bosen-bosennya cengar-cengir dengan penuh kenajongan kayak gini, di tengah perjalanan, kami singgah sebentar di masjid untuk sholat dzuhur berjamaah, sebelum sholat kami ribut dulu, siapa yang jadi imam??

Anak ganteng(baca:imsa) : “klis kamu aja yang jadi imam!, kan kamu yang paling tua?,”,
Tahu mentah(baca:muklis) : ” yee nggak ah agung aja tuh,,, kan dia yang paling item... :P”,
Kecap bango(baca:agung) : ”heh.. apa urusannya item,, imsa aja nih yang ngimami, bulu ketiaknya udah tumbuh tuh,,, di dagu lagi..”
Anak ganteng(baca:imsa) : ” hahahahahaha anjirr yaudahlah ku imami”

.. akhirnya sholatlah kita,, abis sholat kami istirahat sejenak di masjid itu, si agung mainan hpnya muklis smsan dengan gebetannya , untung aku lagi kasmaran sehingga aku juga punya kesibukan sendiri, yaitu ngelanjutin cengar cengir najong mengingat diriku abis ngapelin gebetan, hahaha, tiba tiba hp ku nggetar, wah sms masuk nih, hiiiiaaaaaaaaa, dari indah mem,, ><,, “sa, besok ada acara nggak? Aku di ajakin temenku ke probolinggo kamu mo ikut nggak?? Tapi besok datang ke rumahku sendiri ya? Jangan sama agung dan muklis,,! Lz “ dalam hati aku berteriakk yooossssshhhhh rencana “tahu bacem” ku succeed brayyyyyy.,, sepertinya karena rencana “tahu bacem” ku itu si indah sudah terpesona dengan kegantenganku ini huahahaha dan hanya memikirkanku untuk di ajak jalan-jalan lebaran ke probolinggo hihihihi...
Wah lebih nggapleki lagi muka ku karena lagi lagi sambil nyetirin motorku aku cengar cengir stress gitu, sampai rumah agak capek sih... huah gak sabar nungguin besok mem,,, padahal hanya nungguin besok yang kurang dari 18 jam tapi lamanya kayak 1 minggu, tidurpun nggak nyenyak beberapakali mataku terbuka, udah pagi belum ni sih??? Huaaaa , paginya lama banget sih... sampai akhirnya aku tidur juga,, “assollatukhoirumminannnaummm......” sayup sayup terdengar suara adzan subuh....yossshhhhh... udah pagi.... entah kenapa nggak seperti biasanya aku yang sangat sulit bangun pagi, hari ini mataku ringan banget, terdengar adzan subuh langsung terbelalak mataku dan melommpat dari ranjangku, cepet cepet aku ambil wudlu dan berlari ke masjid,, huft untung komat masih 3 menit lagi, masih ada cukup waktu untuk sholat sunnah, oh ya mem tau gak,? 2 rakaat sholat sunnah sebelum sholat subuh pahalanya ibarat seperti seluruh bumi dan isinya lho,, ,
Turun dari masjid masihhh aja ni muka cengir aja kayak hamtaro kalau lagi kesambet, rasanya kasmaran itu, eamang kayak gini atau emang aku,nya sih mem yang lagi stress??
Hmmm sekarang mandi udah,  nyetrika baju juga udah , tinggal berangkat deh,,,,oh iya ada yang lupa, parfum... wah kurang jos margondos dong kalau kerumah gebetan kurang wangi..., dengan sok taunya dan sok sok an kayak ahli kimia di laboratorium kimia gitu aku dengan soknya mencampur minyak wangi milik kakak perempuanku, minyak wangi ibuku, dan minyak wangiku, abisnya aku jarang pakai minyak wangi sih jadi minyak wangiku yang murah, yaa karena murah aku agak nggak pede mem, ke rumah gebetan pakai parfum itu, mangkanya ku oplos dengan minyak wangi orang serumah, hehehe,
Berangkat deh aku kerumah gebetan dengan perbedaan yang signipikan daripada kemarin, kalo kemarin aku hanya remaja sok keren dengan jeans biru dan kemeja kotak-kotak sekarang aku adalah remaja sok keren dengan jeans biru dan kemeja kotak kotak di tambah parfum nyentrik oplosan cap imsa, huahahahahaha
Sampai di rumahnya , aku di buatin teh anget,  di temani teh anget dan kue khas lebaran kami ngobrol sejenak sembari menunggu temennya indah datang, setelah kurang lebih 15 menit kami ngobrol, temannya indah datang juga, hmm kirain temennya anak situ juga, ternyata yang datang anaknya kepala sd ku dulu mas kiki dan firda, yaa syukur deh temennya juga temenku, jadi aku g menjadi yang paling asing di momen itu,
“Oh ini to ndah yang akan nemenin kita jalan jalan,,” mas kiki memulai pembicaraan
“ iya mas , kenapa??”
“Ya gak papa seh...” (dengan muka nyengir penuh kenajongan)
“Kalian ngobrol apa seh?? Yok berangkat,!”
 aku memotong pembicaraan mereka, hmmm mas kiki ni mukanya meledek banget sih?, dari mukanya , aku bisa ngebayangin pasti ni orang heran ngeliat aku deket sama indah, emang aneh po? Kalau adek kelas suka kakak kelas??/
akhirnya berangkat deh kita ke probolinggo... ,
 hmmm...... kalau di ingat-igat nggak ada yang sepecial sih agenda kegiatan di probolinggo, paling kami Cuma silaturahmi ke rumah temen lamanya indah di probolinggo, dan ke rumahnya si firda, tapi dengan indah berbonceng ria di sepeda motor impressa ’93 ku, apapun kegiatanyaa, tetep ciamik lah, namun memori yang memalukan ada di saat perjalanan keberangkatannya,waktu itu sekitar jam setengah sepuluh pagi, dan masih 15 km dari lokasi start keberangkatan, saat di tanjakan itulah mem, honda impressa ku yang super kawai itu mulai kumat, ya emang motor tua sih, jadi agak ngerepotin gini kalau nggak di mandiin kembang 7 rupa 7 sumur 7 desa 7 kota 7 provinsi 7 negara 7 sistem tata surya dan 7 galaksi andromeda (maksut loh?)
waktu itu kita ngelewati tanjakan dan tiba tiba mem
“dredededeedekk..csssssssssssssss”... motor ku mogok, anjirrrr

Hal pertama yang terlintas di benak ku “ aseemm”
Hal kedua yang terlintas di benakku “ mati aku,!  T_T
Hmm ini pertama kalinya mem, aku mboncengin cewek dan malah ini yang terjadi.. adyaaaa
Namun aku masih mencoba untuk tetep stay cool .      B)
“ tenang,, ini bisa di atasi dengan mudah kok, tunggu bentar ya ndah” dengan sok cool nya aku berbicara pada indah,
“kampret,, mana pernah aku ngotak atik motor?? Ini di apain ya? Hmm tenang imsa, ayo coba kita inget inget bagaimana biasanya di pilm pilm nanganin motornya?” aku menggerutu sendiri dan mencoba menenangkan diri biar nggak terlihat kacung di depan indah,
Hmm hal pertama yang biasanya di lakukan di film2 biasanya adalah mbersihin busi, sambil di tiup tiup,
“huffff huffffft huffftt” sambil ngebersihin busi sesekali aku meniup niupnya dengan penuh gairah dan birahi tinggi,
“eh sa businya jadi basah tuh, semangat sekali?” indah nanya dengan muka penasaran dan mungkin sedkit ilfil,
“tenang, emang harus di basahin businya, biar seger, jadi motornya ngerasa fresh.”
“owh gitu ya?”
“Iyaa” aku nge-iya-in dengan sok keren dan sok tau gitu
Udah selesai ku coba starter,
Akhirnya,,
“kampret, kenapa seh ni motor, ga mau nyala nyala juga? Wah indah akhirnya ilfil beneran tuh”
Karena stress dan gagal memikirkan apa yang akan dilakukan Arnold Schwarzenegger jika terjebak dalam keadaan dan kondisiku saat ini maka dengan bingung namun penuh keyakinan dan kemantapan hati akhirnya  kutendang mesin motorku,
Dengan mencoba keberuntunganku, ku coba starter,,
Ajaib motorku mau idup, hmm emang mungkin harus di galakin ni motor biar mau jalan
“tuh kan bener, emang harus basah businya” aku dengan sok keren pamer ke indah
“E iya lah” ayo berangkat keburu g kekejar mas kiki sama firda tuh,,”
Oh iya, aku lupa, kalau kami berempat tadi berangkate, untungnya , mas kiki sama firda nungguin di lampu merah, jadi nggak begitu lama kami berhasil menyusul mereka
“ dari mana kalian? Lama banget?? ‘’ mas kiki bertanya dengan penuh kekhawatiran dan perhatian
“sori mas tadi mogok sepedae” aku njawab sekenanya

       Sampe di probolinggo, kami singgah di rumahnya firda untuk melepas lelah, huft lumayan capek seh perjalanan ke probolinggo, pake acara mogok segala ni motor,
Yang lain masuk rumah firda duluan, sementara aku markirin motorku dulu,
“eh motor , ini pertama kalinya aku mboncengin cewek, kenapa kamu pake acara mogok segala seh? Menyan yang ku bakarin kemarin kurang ya?? Ato kamu cemburu?? Udah ya? Jangan ada mogok-mogokkan kayak tadi, malu tahu??? ” sebelum masuk ku sempetin dulu ngobrol ama ni motor, abis njengkelin banget kalo dia ampe mogok lagi, -_-
,
Singkat cerita nggak pake BH basah, kitorang usai jalan-jalan di probolinggo dan sudah pulang dan sampe di rumah masing-masing, dengan memasang muka masih di selimuti cengar cengir penuh kenajongan, akupun langsung cuci kaki, gosok gigi dan tidur dengan manja dan rupawan.



(layar hitam dan ada tulisan putih “beberapa minggu kemudian”)

     (latar belakang , di dalem truck sapi, bersama gembel(baca:siswa pecinta alam), perjalanan menuju hutan jati wonorejo guna diklat 3 hari 2 malam 1 waktu bagian hutan)
     Perjalanan lumayan jauh dari sekolahku ke lokasi diklat, oleh karena itu di dalem bak truck sapi itu,(serius, emang yang digunakan truck sapi) aku menghabiskan waktu dengan mengais-ais butiran-butiran debu di rongga kehidupan yang penuh untaian benang hitam di dalam 2 rongga suatu sistem ekskresi mahluk hidup(baca:ngupil pake jari kelingking), eniwei mungkin kalian bertanya-tanya mengapa aku melakukan tugas mulia itu(baca:ngupil,) pake jari kelingking, maka sebagai penulis yang ganteng,budiman,tidak sombong, suka menolong dan rajin menabung di kamar mandi ini(baca:boker,) aku bagi tips untuk mengais butiran debu di rongga kehidupan secara baik,benar, mememenuhi standar iso 2000 dan halalan toyyiban, begini caranya:

1.gunakan jari kelingking kamu, karena jari kelingking ukurannya paling kecil diantara jari yang lain sehingga mobilitasnya bisa maksimal di dalem rongga kehidupan
2.masukan jari kelingking ke lubang idung yang mau di korek butiran upilnya
3.putar jari kelingking 90 derajat berlawanan dengan arah arum jam, sehingga anda mendapati bagian bawah kelingking menyentuh pinggiran idung
4.tarik pinggiran idung kamu sehingga lubang idung kamu terbuka lebih lebar, ini akan membuat upil2 sedikit terlepas dari tempatnya, sehingga proses ngupil pun akan jauh lebih mudah
5.terakhir tinggal korek-korek idungmu sampai upil yang di inginkan berhasil di keluarkan,
6.nikmati proses keluarnya upil ini, dan hiruplah udara yang akan terasa lebih segar dari sebelumnya, itulah kenikmatan ngupil

   Begimana, ? sudah siap mempraktekan tutorial ngupil ini? Haha ,(back to our main topics)
 Nggak kerasa, upilku udah bersih, bajuku masih rapi, gigiku masih putih dan kami sudah sampe di hutan jati,
Pikir punya pikir, aku pikir diklat pecinta alam ciamik, sejuk dan full lough out loud
 eh, ternyata gita gutawa masih pacaran ama derby, eh maksutku ternyata diklat pecinta alam sangat amat teramat nggak enak.     yaa, meski di sana ada indah seh, tapi pas itu dia bertindak sebagai senior, ah nyebelin banget,
pas diklat, kami(junior) suka di bentak-bentak ama para gembel-gembel(baca:senior,), di suruh yang aneh-aneh pula, yang bersetubuh dengan bumi lah, mencium tanah air lah(lumpur), makan 1 permen ber 13, merangkak di kubangan air yang sebelumnya di pipisin dulu ama senior, tapi yang paling parah bukan itu, namun waktu aku di bentak pas di mukaku, anjirr, kalo yang ngebentak indah mungkin gpp , tapi ni yang ngeebentak adalah 1 gembel laki, dari 14 gembel yang ndiklat kitorang waktu itu, aduhh asal kalian tau  mem, semerbak aroma menusuk sukma, nista tak tertahankan menggetarkan tirani jiwa dan raga(baca: jigongnya bau banget)
 sumpah, jigongnya tuh kek bau naga yang kesasar di ambarawa yang tidak gosok gigi selama 3 windu, mungkin faktor genesis ato apakah mungkin memang dia adalah manusia yang memakan akuma no mi(buah setan dalam one piece) yang membuat nafasnya mengeluarkan asam sulfur sianida yang dapat menghentikan laju darah dan membunuh populasi cicak dalam radius 20 desimeter ya? , sumpah mem, napas yang keluar dari jigong tuh gembel, membuatku terdiam, dan hampir kehilangan kesadaran, huft, dasar gembel gosok pantat napa,?? eh maksutku gosok gigi sono mbel !
setelah 3 hari 2 malem dan satu waktu bagian hutan, acara diklatpun selesai dan kami pulang dengan menggunakan truck sapi lagi, menuju sekolahan, meski setelah 3 hari ber-kegiatan di bawah tekanan para gembel, setelah 3 haripun aku masih rupawan.

karena lagi pengen lama2 di sekolahan, aku duduk-duduk di depan kantin sekolahan, sampai akhirnya yang lain dah pulang duluan, namun pucuk di cinta dan celanaku masih basah, ternyata si indah ama satu temennya belum pulang,  jadilah kami hanya bertiga di dalam sekolah, entah karena ak

1 komentar:

  1. hahaha, bagus.bagus. semangat gaaan!! jalan sukses terbentang luas bagi yang tidak mudah menyerah (y)
    cerpennya nggak selesai tuuh :D

    BalasHapus

abis baca, komen yeee